Tuesday, November 6, 2018

Ramuan Herbal Ternak Lele Bawang Putih


Obat Jamur Ikan Lele - Bintik-bintik putih pada sekujur tubuh ikan lele yang akan menyebabkan lendir pada kulit ikan lele menjadi hilang serta akan mengakibatkan kulit ikan lele menjadi melepuh dan pada ujungnya akan terjadi kematian, biasanya itu disebabkan oleh penyakit aeromonas. untuk mencegahnya rekan budidaya dapat melakukan cara seperti dibawah ini:

  1. Lakukan Perawatan air secara intensif.
  2. Rawat air kolam Siram dengan menggunakan probiotic dan herbal.
  3. Segera ganti air bila kualitas air sudah mulai jelek
  4. Dalam pemberian pakan diseduh terlebih dahulu menggunakan air hangat serta dicampur dengan obat herbal serta vitamin dan probiotic.

Bila ikan lele rekan budidaya sudah terlanjur terserang oleh penyakit aeromonas ini maka rekan budidaya dapat meramu obat herbal seperti berikut:

  • Siapkan 2 biji Bawang Putih,
  • 10 Lembar Daun Sirih, 1/4 kg Kunir, 
  • 10 lembar Daun Pepaya.

Bila rekan budidaya tidak menemukan daun pepaya rekan juga bisa menggunakan daun jambu biji atau daun kipahit.

Cara Meramu dan menggunakannya :
yaitu dengan menghaluskan semua di atas (bisa di blender) lalu di rebus dengan menggunakan 2 liter air bersih biarkan sampai dingin. Untuk penggunaannya rekan budidaya lele dapat menyiramkannya ke dalam kolam dengan dosis 1 gelas per hari (lakukan sampai ikan benar-benar sembuh) tapi perlu diperhatian bahwa lele yg sudah terserang penyakit walau bisa di obati tetap saja akan ada yang mati, untuk itu pencegahan lebih baik daripada mengoati.

BACA JUGA :

  1. kolam-sehat-ternak-lele-tanpa-bau.html
  2. temulawan-rahasia-pakan-lele
DuniaPeternakanSukses.my ChannelYoutube Suryonokokara .

No comments:

Post a Comment

ASYIK